Senin, 10 Agustus 2009

LATIHAN EVAKUASI KEBAKARAN......

Dalam beberapa hari ini kita sering mendengar korban kehilangan nyawa dalam musibah kebakaran, baik itu kebakaran di tempat kerja ataupun kebakaran di rumah. Walaupun sebenarnya kalau mereka siap dan terampil dalam menghadapi kebakaran, mungkin mereka masih bisa diselamatkan. Kegagalan dalam penyelamatan mereka utamanya adalah karena mereka tidak bisa menyelamatkan diri mereka sendiri dan sarana penyelamatan kurang tersedia dengan baik. Mereka terperangkap tidak bisa keluar dari rumah karena panik dan bingung, mereka lupa dengan situasi rumahnya, dan sebelum kesadaran timbul, api telah menyambar mereka. Memang musibah itu musibah, tetapi sebagai manusia kita diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan untuk menghindarkan musibah itu dengan persiapan yang baik. Persiapan itu terdiri dari persiapan orangnya agar tahu dan terlatih; persiapan sarananya agar ada tanda tanda awal sebelum terjadinya musibah seperti alat detektor panas atau detektor asap, menyediakan jalan keluar darurat; persiapan prosedur untuk menghadapi keadaan darurat, misalnya apa peranan ayah, peran ibu, peran anak tertua, peran pembantu, kemana dan lewat mana kita harus lari, siapa yang harus ditelpon, dsb.; serta tidak kalah pentingnya adalah latihan agar kita terampil dan tidak panik dalam menghadapi keadaan tsb. Untuk lebih jelasnya, manfaat latihan menghadapi keadaan darurat kebakaran adalah sbb.: • Menghilangkan kepanikan dalam keadaan darurat. • Semua anggota keluarga tahu apa yang harus dikerjakan bila terjadi kebakaran. • Semua anggota keluarga tahu alternatif jalan keluar yang harus diambil dalam keadaan darurat. Dan Juga tahu dimana mereka harus berkumpul. • Memastikan bahwa semua peralatan untuk penanggulangan kebaran berfungsi dengan baik. Semua jalan darurat yang direncanakan tidak terhalang • Penyelamatan barang barang yang sangat..sangat..sangat penting, selain nyawa kita. Tetapi lebih baik kalau barang barang itu diletakkan saja di lemari tahan api. Marilah sebelum terlambat, kita rencanakan persiapan dan laksanakan latihan menghadapi keadaan darurat kebakaran untuk menjaga keutuhan dan kebahagian keluarga kita….

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Sebenarnya, sebaiknya pemadam kebakaran memberikan pelatihan memadamkan api dan menghadapi situasi darurat bagi para rakyat. Kalo di USA ada lho latihan CPR & First Aid yang bisa diikuti warga. Tentu saja bayar, tapi penting juga.

Ranggi alvian mengatakan...

kalo pemadan kebakaran memang harus semestinya latihan, karena menurut saya pemadam kebakaran di jakarta sudah lumayan banyak dan peralatannya canggih-canggih. maka itu petugasnya harus berupaya memadamkannya agar jiwa keluarga atau kerabat kita bisa terselamatkan.